Tanya Kami

12 Faktor Ini Bantu Website Kalian Ranking Di Google

Definisi SEO

Sobat Bizlab pasti sering denger istilah SEO, kan? Tapi, Sobat Bizlab tau nggak sih SEO itu apa?

Yups bener! Secara pengertian, Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan trafik secara organik ke website.

Lah kok organik doang, emangnya ada cara lain buat naikin trafik selain cara organik?

Tentu saja ada! Salah satunya kalian bisa menggunakan SEM (Search Engine Marketing).

Lalu, cara membedakannya gimana?

Tenang! Di laman ini akan dibahas secara tuntas tentang perbedaan SEO dan SEM, loh!

Ngomong-ngomong tentang search engine Sobat Bizlab tau gak search engine paling banyak digunakan di dunia? Dikutip dari laman Statista, mengatakan bahwa di bulan Februari 2021, Google menempati posisi pertama dengan perolehan angka sebesar 86.6% sebagai search engine paling banyak digunakan di dunia, lho!

Makanya tidak mengherankan jika banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan ranking di Google. 

Sumber/ Pixabay

Kenapa Ranking di Google Penting?

Berdasarkan data yang dilansir Optinmaster mengatakan bahwa semakin tinggi ranking di Google semakin tinggi pula CTR dari web tersebut. CTR atau Click Through Rate adalah persentase rasio dari  orang yang mengklik website kalian dibagi banyaknya impresi website. Singkatnya, semakin tinggi CTR yang didapatkan akan semakin tinggi pula trafik yang ada di website kalian. Tentunya, trafik yang tinggi inilah yang banyak dicari oleh sebagian besar pemilik website. 

Hmm, penasaran gak sih setinggi apa  CTR yang akan didapatkan?

Untuk tahu jawabannya, Sobat Bizlab bisa lihat grafis dibawah ini, ya! 

Sumber/ Optinmonster

Waw ternyata ranking di Google sepenting itu ya! 

Nah, Sobat bizlab kepo gaksi cara untuk menaikkan ranking tersebut?

12 Faktor Agar Website Ranking di Google

Kualitas Konten

Konten yang berkualitas akan membuat audiens  merasa nyaman berlama-lama untuk tetap berada di website kalian. Semakin lama audiens tinggal di website kalian maka akan semakin kecil angka bounce rate dan semakin tinggi dwell time website kalian.

Adapun beberapa ciri konten kalian berkualitas berdasarkan The Daily Egg

  1. Isi konten yang dimuat harus relevan dengan judul dan keyword. Hindari clickbait!
  2. Harus dapat dibaca dan dipahami
  3. Memuat jawaban dari audiens
  4. Informatif  sehingga membuat audiens menjadi lebih tahu banyak hal
  5. Menghibur audiens 

Konten yang Dioptimasi

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi konten:

  1. Keyword density

Untuk dapat dikenali oleh mesin pintar Google, terdapat jumlah minimal keyword yang harus disebut dalam konten yang dinamakan keyword density. Cara menghitungnya yaitu dengan membagi jumlah keyword yang muncul dengan jumlah keseluruhan kata di kali 100%. Hasil optimal untuk keyword density adalah 2-4%.  

  1. Struktur konten

Didalam SEO untuk mudah dibaca dan dipahami diperlukan struktur konten yang jelas. Dalam konteks ini, penerapan heading yang tepat sangat diperlukan untuk memudahkan audiens membaca konten kalian.

  1. Jumlah kata

Jumlah kata yang dianjurkan agar dapat ranking di Google adalah >500 kata. Jika kurang dari itu, Google akan mengartikan konten pada website kalian kurang lengkap sehingga akan susah untuk mendapatkan ranking di Google.

  1. Headline dan meta description.

Jika Sobat Bizlab belum mengetahui headline dan meta description Sobat Bizlab dapat mengunjungi laman ini. Usahakan headline dan meta description tidak terpotong ya, karena akan mempengaruhi kelengkapan informasi. Agar headline tidak terpotong, Sobat Bizlab disarankan untuk memasukkan 55 karakter saja, sedangkan untuk meta description disarankan untuk memasukkan 155 karakter.

  1. Gambar

Jika Sobat Bizlab menambahkan gambar, jangan lupa untuk menambahkan alt teks di gambar ya!. Hal ini dapat membantu Google untuk menemukan website kalian dengan indexing gambar. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan gambar dengan kualitas bagus dan sesuai dengan konteks yang sedang dibahas. Sobat Bizlab juga bisa menambahkan keyword pada file nama untuk membantu optimalisasi dari segi gambar.

  1. URL

URL dari konten harus mudah dibaca, ditulis dengan huruf kecil, mengandung keyword dan dibuat sependek mungkin (maksimal 75 karakter agar dapat dibaca oleh Google). Selain itu akan lebih baik jika memasukkan LSI (Latent Semantic Index) di URL. 

Keamanan Website

Salah satu cara termudah untuk mengetahui bahwa website kalian aman adalah hypertextnya menggunakan https bukan http. Selain itu kalian juga bisa melihat adanya icon gembok setiap kali kalian mengetikkan URL. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini ya!

contoh hypertext

Kecepatan Website

Kalian suka sedih gak sih kalo website yang kalian buka itu  lemot?

 Ya , seperti yang dilansir dari laman Moz  bahwa  kecepatan website sangat berpengaruh terhadap user experience (UX) website. Tentunya dengan kecepatan website yang rendah akan mengakibatkan audiens kalian keluar dari website dan memicu tingginya angka bounce rate pada website, lho!

Mobile Friendly

Seperti yang kita tahu jika sebagian besar orang menggunakan handphonenya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan website yang responsif, tentunya akan membantu kalian untuk  menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, dengan mobile friendly akan membuat semakin banyak trafik yang datang ke website kalian. Perlu diingat jika mobile friendly adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan UX. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keresponsifan website kalian di semua device ya!

User Experience

Sobat Bizlab tau gak, kalo Google sangat menilai UX dari website?

Ketika berbicara tentang ranking website di SERP, tentu user experience atau dikenal dengan istilah UX menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Terlebih setelah Google menyatakan bahwa pihaknya sangat menilai dari segi UX website untuk dapat meraih ranking di Google. Jika Sobat Bizlab ingin meningkatkan visibilitas dan conversion rate, maka sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan UX dengan strategi SEO kalian.

Adapun strategi SEO yang bisa dilakukan untuk meningkat UX di website dikutip dari laman search engine watch, yaitu:

  1. Perhatikan tag pada gambar dan juga heading
  2. Usahakan untuk menuliskan artikel dengan jumlah karakter >500
  3. Mobile friendly
  4. Kecepatan website

Link Building

Seperti yang diketahui jika link building pada SEO termasuk dalam optimasi SEO secara off page. Link secara garis besar dibedakan menjadi inbound link dan outbound link. Inbound link adalah link yang mengarah ke website kalian sedangkan outbound link adalah link yang website kalian berikan ke website orang lain.

Social Signal

Sobat Bizlab pernah ga sih lagi nyari sesuatu tapi yang keluar malah akun sosmednya?

Yaps! Ini tandanya bahwa sosial media mempunyai ranking yang tinggi di SERP, loh!

Oleh karenanya, mengkombinasikan keyword dan sosial media akan sangat diperlukan untuk membantu mendongkrak website ranking di Google.

Kenapa sosial signal penting?

Karena social signal memberi efek baik secara langsung maupun tidak langsung. Efek secara langsung, ketika seseorang  mengetikkan keyword dan muncul konten sosial media kalian di ranking atas. Sedangkan efek secara tidak langsung, ketika banyak orang yang membagikan konten kalian ke sosial media milik mereka. Tentu saja cara ini  akan membantu menaikan trafik website.

Keyword yang Sesuai

Keyword berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi intent based dan panjang.

Berdasarkan intent based:

  1. Navigational adalah keyword yang memberikan arahan langsung ke website tertentu. Biasanya keyword ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki brand awareness tinggi dan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Orang yang  mengetikkan keyword ini biasanya karena malas mengetikkan URL lengkapnya atau bahkan belum  tahu URL nya. Sehingga akan lebih mudah jika langsung mengetikkan di Google.

Misal: Facebook, Twitter, Pinterest 

  1. Informational adalah keyword yang berisi informasi, akan sangat sulit untuk menargetkan ke arah pembelian. Karena orang yang mengetikkan keyword ini biasanya hanya sekedar ingin tahu.

Misal: Jenis-jenis sepatu, cara merawat sepatu

  1. Transactional adalah keyword yang menuju ke pembelian tetapi masih ingin survei lebih jauh lagi. Biasanya keyword jenis ini digunakkan untuk menemukan perbandingan produk yang terbaik.

Misal: Sepatu lari terbaik 2021

  1. Komersial adalah keyword yang mengindikasikan ke arah pembelian.

Misal: Harga sepatu nike 2021

Berdasarkan panjang:

  1. Long tail keyword adalah keyword yang panjang dan biasanya sudah sangat spesifik. Namun karena sudah sangat spesifik, long tail keyword mempunyai volum pencarian yang rendah. Adapun untuk keuntungan menggunakan long tail keyword yaitu persaingan cenderung lebih rendah, bisa mendatangkan banyak trafik dan dapat meningkatkan conversion rate.

Misal: Samsung galaxy s20 ultra 5g Indonesia

  1. Short tail keyword adalah keyword yang pendek, biasanya kurang dari 3 kata. Karena terdiri dari kata-kata pendek, short tail keyword masih bersifat sangat umum. Tidak seperti long tail keyword yang memiliki volum pencarian rendah, short tail keyword memiliki volum pencarian yang tinggi loh Sobat Bizlab!. Namun perlu diingat jika persaingan untuk menggunakan keyword ini juga tinggi. 

Misal: galaxy s20  

Nama Domain

Merujuk pada Google Workspace, domain adalah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP fisik di internet. Meskipun unik, tapi usahakan nama domain dapat dibaca ya Sobat Bizlab! Untuk dapat dibaca sangat disarankan nama domain untuk tidak menggunakan angka dan tanda pemisah (-). Untuk lebih jelasnya mengenai domain, Sobat Bizlab bisa lihat gambar di bawah ini ya!

Sumber: Google

Domain Authority

Berdasarkan laman Moz, domain authority adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz sebagai salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan ranking di SERP. Semakin tinggi domain authority, semakin tinggi kemungkinan website kalian untuk bisa mendapatkan trafik dan ranking yang tinggi. Domain authority biasanya dinilai dengan skala 1-100. Semakin tinggi angka yang didapatkan mengindikasikan semakin tinggi domain authority sebuah website.

Informasi Bisnis yang Sesuai

Sobat Bizlab tau gak ternyata menggunakan Google My Business tidak hanya memudahkan audiens untuk menampilkan website kalian, tetapi juga bisa meningkatkan ranking di Google, loh! Wah, kesempatan emas nih, buat kalian yang punya bisnis untuk mulai mengoptimalisasi penggunaan Google My Business!.

Sudahkah website Sobat Bizlab menerapkan 12 hal di atas? Kalau belum, yuk mulai dioptimasi dari sekarang agar peluang website kalian mendapatkan ranking di Google menjadi besar. Selamat mencoba!

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya!

Sumber:

  1. Statista
  2. Optinmaster
  3. The Daily Egg
  4. Moz
  5. search engine watch
  6. Google Workspace

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *