5 Perubahan dari Sosial Media Twitter? Apa sajakah itu?

Bagikan

Pentingnya sosial media

Seorang digital marketer tentunya sudah tak asing lagi dengan sosial media, karena sosial media adalah salah satu saluran digital marketing yang populer. Menurut Hootsuite, sebanyak 61.8% penduduk Indonesia atau sebanyak 170 juta orang merupakan pengguna sosial media. Hal tersebut menunjukkan bahwa sosial media merupakan salah satu saluran digital marketing yang potensial. Nah,  maka dari itu penting nih, seorang digital marketer untuk mengetahui dan selalu update seputar sosial media. Selain itu, dengan pemasaran, melalui sosial media Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan biaya terjangkau dan bahkan gratis! 

Sosial media Twitter

Salah satu sosial media yang populer di tengah masyarakat adalah twitter. Aplikasi yang diluncurkan pada Juli 2006 ini dibentuk oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, and Evan Williams. Menurut data statista.com sebanyak 16.32 juta orang di Indonesia merupakan pengguna aktif twitter. Data tersebut menunjukkan bahwa twitter merupakan salah satu sosial media yang potensial untuk pemasaran brand atau produk Anda. Nah, mungkin beberapa Sobat Bizlab menyadari bahwa akhir-akhir ini twitter melakukan beberapa perubahan yang menjadikan twitter berbeda dari versi sebelumnya. Yuk langsung kita bahas aja!

5 Hal yang berubah dari Twitter

Nah, ternyata terdapat beberapa perubahan loh di sosial media twitter, mulai dari tampilan, penambahan fitur dan perubahan kebijakan. Langsung kita ulas satu-satu yuk!

1. Perubahan Font dan User Interface (UI)

Sesuai cuitan akun resmi tim design twitter, twitter memang melakukan beberapa perubahan dalam user interface atau bentuk tampilan aplikasi.

Perubahan yang paling dratis adalah perubahan font atau huruf yang dilakukan pada 11 Agustus 2021. 

Derrit De Rouen, direktur kreatif untuk merek global perusahaan ialah orang yang menginisiasi perubahan tersebut. Perubahan font ini sempat menjadi trending topik dunia karena banyak pengguna yang merasa kesulitan saat membaca font baru twitter. Selanjutnya, Twitter mengatakan bahwa mereka telah memperbarui palet warnanya menjadi “lebih kontras dan lebih sedikit biru.” Twitter juga melakukan perubahan pada tampilan tombol โ€œmengikutiโ€ menjadi lebih kontras untuk membantu tombol-tombol penting lebih menonjol. Namun, menurut penulis Brian Merchant, ini adalah kebalikan dari cara kerja tombol ikuti sebelumnya, jadi berhati-hatilah agar Anda tidak secara tidak sengaja berhenti mengikuti orang.

2. Fitur Batasi siapa saja yang dapat membalas

Fitur ini mampu menghindarkan pengguna twitter dari balasan-balasan yang tidak diinginkan. Twitter menawarkan kepada pengguna tiga pengaturan privasi yang berbeda untuk balasan. Mencakup ‘Semua orang’ (Twitter standar, dan pengaturan default), ‘Hanya orang yang Anda ikuti’, atau ‘Hanya orang yang Anda sebutkan’. Penambahan kontrol privasi ini akan memberikan pengguna kontrol yang lebih besar atas tanggapan yang tidak diminta dan mendorong pengalaman pengguna yang lebih positif.ย 

3. Fitur Space

Menurut twitter, Spaces adalah cara baru untuk melakukan percakapan audio secara langsung di Twitter. Siapapun mampu menjadi host sebuah space. Melalui cara yang mudah hanya dengan menekan lama tombol pembuatan Tweet di Timeline Beranda Anda, lalu ketuk ikon Spaces baru (beberapa lingkaran membentuk bentuk berlian) di paling kiri. Space bersifat publik, jadi siapa pun dapat bergabung sebagai pendengar, termasuk orang yang tidak mengikuti Anda.

4. Fitur Fleets

Fitur yang tampak seperti instagram story ini hadir pada November, 2020. Mereka yang baru mengenal Twitter menganggap Fleets adalah cara yang lebih mudah untuk membagikan apa yang ada di pikiran mereka. Fleets membantu orang merasa lebih nyaman berbagi pikiran, pendapat, dan perasaan pribadi dengan kasual. Seperti halnya instagram stories, fitur fleets dari twitter ini akan hilang setelah 24 jam. Pengikut Anda dapat melihat fleets Anda di bagian atas timeline beranda mereka. Selain itu, siapa pun dapat membalas fleets Anda dengan menekan tombol Direct Message pada bagian bawah fleets. Namun, twitter telah meniadakan fitur ini mulai 3 Agustus 2021, karena sejak twitter meluncurkan fleets, belum terlihat peningkatan jumlah orang baru yang bergabung dalam percakapan dengan Fleets seperti yang mereka harapkan

5. Twitter menghapus pusat transparansi iklan

Fitur yang membantu memberikan kejelasan lebih bagi mereka yang meneliti kampanye iklan, fitur inilah yang sangat membantu para digital marketer untuk menganalisa kampanye mereka di sosial media twitter. Namun, jangan khawatir, twitter menghapus fitur ini karena ingin merilis Kebijakan Baru Iklan Politik untuk pemilihan umum dan para kandidat pemerintahan di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Twitter memberikan solusi untuk mengunjungi Business.twitter.com guna mempelajari lebih lanjut dan mengunduh arsip historis semua iklan politik dan isu sebelum larangan Iklan Politik dan Isu di Twitter.

Tinggalkan Balasan