Apa Itu Conversion Window di Facebook Ads?

Facebook Ads tentang Conversion Window
Bagikan

Conversion window adalah pengaturan yang dihadirkan oleh Fb Ads untuk memberikan kontrol terhadap algoritma Facebook dalam mengoptimalkan iklan dengan objektif konversi milik kalian. Pengaturan yang tersedia dapat membantu kalian mengetahui seberapa lama iklan kalian mendapatkan konversi. Hal ini membantu kalian dalam proses decision-making untuk menyusun strategi iklan berikutnya. Selain itu, terdapat pula beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan setelah menggunakan conversion window yaitu:

  • Memahami berapa value ( untuk sales atau aksi tertentu) yang dihasilkan iklan untuk kemajuan bisnis kalian
  • Memaksimalkan ROI dengan mengalokasikan budget ke iklan yang menghasilkan konversi tinggi
  • Mengidentifikasi channel yang tepat untuk audiens
  • Menggunakan strategi yang dianggap paling relevan dan efisien untuk bisnis kalian

Penjelasan dari Facebook mungkin terdengar cukup rumit sedangkan kenyataanya tidak serumit itu kok sobat Bizlab! Simak penjelasan di bawah ini yuk biar paham!

Opsi Conversion Window di Facebook Ads

Facebook Ads conversion window adalah pengaturan untuk iklan yang memberi isyarat ke Facebook tentang seberapa jauh sebenarnya keterlibatan Facebook dalam mengahasilkan suatu konversi. Hal ini akan memberi kalian gambaran nyata tentang iklan yang perform dan tidak perform. 

Selain itu, conversion window yang kalian pilih juga akan berpengaruh terhadap ad delivery. Yang mana hal ini akan berkaitan dengan cara Facebook dalam mendistribusikan iklan kalian ke target audiens yang sudah siap untuk melakukan konversi. Dengan ini, akan memperkecil biaya iklan dan meningkatkan ROAS.

Pada umunya, terdapat 4 jenis opsi yang bisa kalian pilih saat ingin mengatur conversion window di Facebook Ads, meliputi:

  • 7 days click or 1 day view (default)– adalah opsi yang diberikan secara default oleh Facebook. Jadi, jika kalian tidak mengatur conversion window di adset, maka pengaturan kalian akan tetap 7 days click or 1 day view yang artinya konversi datang dari orang yang melakukan klik di iklan kalian dalam waktu maksimal 7 hari  atau melihat iklan kalian dalam waktu maksimal 1 hari.
  • 1 day click or 1 day view– algoritma FB akan mengoptimasi iklan setelah orang mengklik atau melihat iklan kalian dalam kurun waktu 1 hari saja. Artinya konversi yang terjadi pada saat itu akan terhitung convert.
  • 1 day click-algoritma akan mengoptimisasi orang yang melakukan konversi dengan mengklik iklan kalian maksimal 1 hari akan terhitung convert.
  • 7 day click– algoritma akan mengoptimisasi orang yang melakukan konversi dari mengklik iklan kalian maksimal dalam kurun waktu 7 hari. Dan kejadian tersebut akan terhitung convert.

Cara Memilih Time Frame yang Sesuai

Memilih opsi conversion window yang sesuai adalah hal yang penting karena jika konversi terjadi di luar conversion window maka data tersebut tidak terekam oleh pihak Facebook. Untuk lebih jelasnya kalian dapat memahami penjelasan berdasarkan studi kasus di bawah ini ya!

Contoh 1: E commerce dengan Harga Rendah

Untuk iklan  ecommerce, kebanyakan menggunakan objektif konversi dan event berupa optimisasi pembelian. Katakanlah produk yang kalian jual mempunyai kemungkinan pembelian yang besar serta memiliki siklus pembelian yang pendek. Sehingga, audiens tidak memerlukan banyak waktu untuk melakukan pembelian karena audiens cenderung akan melakukan pembelian secara impulsif (tidak memerlukan banyak pertimbangan). Dalam kasus jenis ini, conversion window 1 day click or 1 day view akan cocok untuk digunakan. 

Contoh 2 : E commerce dengan Harga Tinggi

Untuk barang dengan harga yang terbilang cukup mahal, ada kemungkinan bahwa siklus penjualan akan lebih kompleks, karena orang akan membutuhkan waktu untuk melakukan riset sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membeli. Dalam kasus ini, kalian mungkin akan membutuhkan conversion window dengan time frame yang agak lama. Sehingga, conversion window yang cocok kalian gunakan yaitu untuk 7 day click dan 1 day view (default).

Contoh 3: Tidak Yakin Sumber Konversi

Perlu kalian ingat, jika kalian menggunakan format default otomatis dari Facebook Ads, kalian tidak dapat mengetahui datangnya konversi. Bisa jadi konversi datang dari iklan Facebook yang kalian pasang atau justru dari platform lain. Contohnya: seseoang yang melihat iklan kalian melakukan pembelian seminggu kemudian. Datanya mungkin tercatat sebagai konversi dari iklan Facebook yang kalian pasang. Namun realitanya, mereka bisa saja  melakukan pencarian di Google terlebih dahulu atau karena mendapatkan email dari kalian. dan akhirnya melakukan pembelian.

Kalian tidak yakin sebenarnya platform apa sih yang memberikan trigger ke audiens kalian untuk melakukan pembelian. Dan karena hal ini, kebanyakan marketers sangat menghindari opsi 7 days click or 1 day view. Justru, marketers akan lebih merekomendasikan 1 day conversion window, baik 1 day view ataupun 1 day click. Namun beberapa sumber juga mengatakan jika 7 days click bisa kalian terapkan di kasus ini.

Contoh 4: Budget Besar

Jika kalian mempunyai budget yang lumayan besar untuk beriklan, kalian bisa memilih opsi default yaitu 7 days click or 1 day view, ya!

Adapun beberapa rule yang dapat kalian gunakan sebagai pertimbangan untuk optimasi iklan kalian yaitu:

  • Jika terdapat 50 konversi per hari opsi yang bisa kalian gunakan adalah 1 day click
  • Jika terdapat kurang dari 50 konversi per hari, opsi yang bisa kalian guanakan adalah 7 days click or 1 day view.

Umumnya, Facebook memerlukan data konversi yang cukup untuk dapat mengotimasi iklan kalian secara efektif. Sehingga, rekomendasi tersebut tidak bersifat mutlak ya sobat Bizlab! Kalian bisa melakukan testing untuk menemukan formula yang cocok untuk optimasi iklan kalian.

Dimana Kalian Dapat Mengatur Conversion Window?

Kalian dapat mengubah Facebook ads conversion window dan mengaturnya di level adset dari iklan kalian. Di pengaturan adset, kolom optimization and delivery, pilih show more option.

 Conversion Window in Ads Manager

Lalu kalian akan menemukan conversion window dan click panahnya.Terakhir, kalian bisa memilih opsi berdasarkan strategi kalian, ya!

Cara Mengubah Conversion Window di Iklan yang Sedang Menyala

Jika kalian ingin mengubah conversion window di iklan yang sedang menyala ada baiknya kalian membiarkan iklan tersebut mendapatkan 50 konversi terlebih dahulu. Dengan cara ini kalian memberi kesempatan Facebook untuk keluar dari learning process dan memulai untuk mendistribusikan iklan berdasarkan conversion window yang terbaru. Tentu saja, hal ini akan memerlukan waktu ya Sobat Bizlab! Apalagi jika kalian mengubahnya dari waktu yang pendek ke waktu yang panjang  contoh: 1 day ke 7 days. 

Apa yang Membedakan Conversion Window dengan Attribution Window?

Attribution window adalah pengaturan yang disediakan Facebook untuk membantu kalian dalam melihat laporan data performa dari iklan yang telah kalian jalankan. Seperti metrik yang lain, attribution window dapat membantu kalian dalam membuat kesimpulan dari iklan kalian berdasarkan data yang performa iklan. Attribution window  tidak berpengaruh langsung dengan optimisasi iklan yang kalian jalankan. 

Sedangkan conversion window itu sendiri adalah fitur Facebook Ads yang berada di level adset dan berfungsi untuk membantu optimisasi iklan. Conversion window akan secara otomatis mengubah pendistribusian iklan kaian berdasarkan informasi tentang tingkah laku pengguna atau user behavior

Yang harus kalian perhatikan adalah kemungkinan akan konversi yang terjadi di luar dari time frame conversion window yang kalian pilih. Data tersebut jelas tidak akan tercatat di conversion window. Namun bisa saja data tersebut tercatat di attribution window, loh!. Sehingga penting untuk diingat untuk menyamakan time frame antara conversion window dan attribution window.

Nah, itu dia beberapa pengaturan lanjutan yang bisa kalian manfaatkan untuk memaksimalkan strategi iklan kalian di Facebook! Semoga Bermanfaat!

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya!

Sumber: 

  1. https://hevodata.com/learn/the-best-facebook-attribution-models-for-2021/
  2. https://www.youtube.com/watch?v=fQvUOYAq9Rk
  3. https://www.youtube.com/watch?v=LCkFMVSjg50

Tinggalkan Balasan