Lengkap banget, ini dia 7 Keyword Research Tools Gratis!

Keyword-research
Bagikan

Keyword research atau riset kata kunci merupakan salah satu upaya digital marketing agar konten marketing menjadi efektif. Melakukan riset kata kunci berarti Anda perlu menemukan kata kunci yang digunakan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Selain menemukan kata kunci, Sobat Bizlab perlu memilah kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda serta memiliki volume pencarian yang baik. Nah, untuk menemukan keyword yang pas, Bizlab bakal kasih 7 tools gratis untuk melakukan keyword research!

Menurut Hubspot, terdapat 7 tools gratis untuk keyword research, yaitu :

1. Google Keyword Planner

Aplikasi tools keyword research keluaran Google ini menghadirkan kemudahan untuk riset kata kunci. Google Adword mampu meningkatkan kemudahan user untuk menemukan keyword yang tepat. Saat Anda memasukkan satu kata kunci, beberapa kata kunci, atau bahkan alamat situs web Anda ke di Google adword, Google akan mengeluarkan daftar kata kunci terkait bersama dengan metrik sederhana untuk mengukur seberapa ketat persaingan di masing-masing kata kunci dan berapa banyak pencarian yang terdapat di kedua kata kunci tersebut. Baik tingkat pencarian global dan lokal.

2. Google Trends

google-trends

Google Trends merupakan salah satu tools yang populer digunakan oleh digital marketer atau content writer dalam mempersiapkan konten. Alat riset keyword gratis dari Google ini memungkinkan Anda memasukkan beberapa kata kunci dan memfilter berdasarkan lokasi, riwayat pencarian, dan kategori. Setelah Anda memasukkan informasi itu, maka Google Trends akan memberi Anda hasil yang menunjukkan berapa banyak minat web yang ada di sekitar kata kunci tertentu, apa yang menyebabkan minat tersebut (misalnya, liputan pers), dan dari mana traffic berasal. Hal yang menarik dari Google Trends adalah tools ini menghasilkan grafik interaktif berwarna-warni yang dapat Anda unduh dan sematkan di situs web Anda.

3. SEMrush

SEMrush adalah keyword research tool yang memungkinkan Anda menganalisis kata kunci yang digunakan kompetitor agar dapat menemukan peluang untuk menempati  posisi teratas dalam hasil mesin pencari organik, seperti Google. Melalui SEMrush kita dapat membandingkan sejumlah domain untuk mengevaluasi kompetitor, termasuk kata kunci dan posisinya di hasil penelusuran organik, berbayar maupun pencarian shopping di Google. SEMrush merupakan pelacakan seperti Google Trends namun dengan versi yang lebih canggih, tools ini memungkinkan Anda melihat posisi kata kunci di SERP (Search Engine Machine) dan menganalisis riwayat kenaikan dan penurunannya. Bagan visual yang berwarna juga sangat membantu untuk memahami tren dan menganalisis hasil.

4. Ahrefs

Ahrefs Keyword Explorer, tools yang menyerupai SEMrush, namun memiliki lebih banyak fitur dan desain yang lebih menarik. Selain itu, Ahrefs memiliki keyword database yang sangat besar, yakni 7.4 miliar rekomendasi keyword yang tentunya sangat membantu Anda dalam menentukan keyword. Keyword research tools ini menyediakan data keyword dari 171 negara, sehingga tools ini dapat digunakan untuk kegiatan marketing lintas negara. Melalui data clickstream, Ahrefs mampu memperbaiki volume pencarian secara bulanan, memastikan data tersebut selalu up to date. Nah, Ahrefs tidak hanya menganalisis dari mesin pencari Google, namun juga dari beberapa mesin pencari seperti YouTube, Amazon, Bing, Baidu, etc.

5. GrowthBar

GrowthBar adalah keyword research tool sederhana yang memungkinkan Anda menemukan miliaran kata kunci kompetitor dan membuat konten blog dalam satu klik . Dapatkan hasil yang terukur dari SEO dan pemasaran konten Anda. GrowthBar memungkinkan Anda untuk menjelajahi data backlink kompetitor,, iklan Google berbayar, peringkat kata kunci organik, dan bahkan Iklan Facebook kompetitor. Hal yang membuat GrowhBar menonjol adalah alat blogging OpenAI GPT-3 yang telah didukung AI (Artificial Intelligence). Setelah Anda memasukkan kata kunci yang ingin Anda ranking, GrowthBar akan menghasilkan garis besar untuk menulis konten yang dapat optimalkan melalui SEO. 

6. Accuranker

Accuranker adalah alat pelacak peringkat kata kunci dengan cepat dan tepat. Tools ini mampu menghemat waktu Anda untuk mengamati perkembangan peringkat keyword Anda. Alat pemeriksa SERP 100% gratis ini memberikan hasil pencarian spesifik lokasi yang instan dan akurat. Alat ini memiliki proxy bawaan untuk melihat sekilas peringkat siapa dalam SERP untuk kata kunci tertentu. Jika Anda berencana untuk melaporkan metrik kata kunci pada tim, tools ini sangat pas karena terdapat fitur laporan mingguan terjadwal.

7. HubSpot

HubSpot adalah Alat Strategi Konten yang membantu Anda mengidentifikasi dan meneliti topik, menemukan kata kunci atau subtopik untuk diikuti. Hasil dari analisis tersebut akan membantu membuat konten yang menghasilkan lebih banyak traffic organik dari waktu ke waktu. Tols ini akan memberikan saran topik berdasarkan relevansi, persaingan, dan popularitas, serta akses ke data pencarian bulanan. Sehingga Anda dapat memperkirakan peringkat untuk topik tertentu yang nantinya akan menjadi keuntungan traffic. Anda akan mendapatkan rekomendasi tentang beberapa prioritas cara mengoptimalkan situs Anda untuk SEO.

Tinggalkan Balasan