Affiliate Marketing, Cara marketing yang mudah dan murah!

Bagikan

Masa Pandemi menuntut kita untuk senantiasa berinovasi dalam strategi marketing, selaras dengan hal itu banyak orang melakukan cara-cara kreatif untuk mencari uang. Salah satu cara mendapatkan uang dengan mudah yaitu Affiliate Marketing. Nah, Sobat Bizlab sudah sering denger tentang Affiliate Marketing tapi belum tahu cara dan manfaatnya apa? Yuk, langsung kita bahas bersama!!

Affiliate marketing adalah salah satu strategi marketing yang melibatkan perekrutan orang lain untuk mempromosikan produk atau jasa dan kemudian memberikan komisi untuk barang atau jasa yang telah terjual. Hal ini merupakan cara strategis untuk meningkatkan penjualan. Menurut neilpatel affiliate marketing merupakan proses mendapatkan komisi (uang) setiap kali Anda memasarkan produk atau jasa yang mendatangkan penjualan. Anda hanya akan  mendapat komisi jika Anda mampu mendatangkan penjualan. 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Dalam bisnis online, biasanya affiliate menggunakan link unik yang dibuat agar pelanggan menuju situs web penjual. Affiliate akan mendapatkan komisi penjualan tergantung pada hasil penjualan yang terdapat pada link tersebut. Jika mereka membeli produk atau layanan, penjual atau bisnis akan memberikan afiliasi reward dengan komisi yang disepakati, yang bisa sampai 5% hingga 10% dari harga jual. Tujuan dari model ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan solusi win-win baik untuk merchant/bisnis maupun afiliasi. Sistem ini unik, menguntungkan dan menjadi semakin populer.

Menurut easy affiliate Dari sudut pandang Anda sebagai pemilik bisnis, struktur program afiliasi terlihat seperti ini:

  • Afiliasi pedagang : Ini adalah Anda, bisnis yang menjalankan program afiliasi.
  • Jaringan afiliasi : Alat yang Anda gunakan untuk menjalankan program.
  • Pemasaran afiliasi : Orang-orang yang mempromosikan produk atau layanan Anda.
  • Pelanggan : Prospek yang mengklik tautan link afiliasi dan akhirnya melakukan pembelian.

Program afiliasi telah menjadi sangat populer. Mereka memungkinkan bisnis untuk mendapatkan pemasaran murah produk dan memperluas jangkauan mereka, sementara anggota afiliasi memperoleh kesempatan untuk menghasilkan uang dengan cara yang sebagian besar pasif. Banyak situs besar menawarkan peluang afiliasi, salah satu yang paling populer adalah program Amazon Associates. Terdapat juga banyak program afiliasi umum yang menyatukan banyak bisnis di satu tempat, seperti Rakuten.

6 Manfaat Affiliate Marketing bagi bisnis!

Menurut impactmybiz, terdapat 6 keuntungan affiliate marketing bagi bisnis Anda!

1. Biaya awal yang rendah

Program afiliasi tidak mengharuskan Anda memiliki tim periklanan untuk iklan visual atau membeli ruang iklan sehingga menghemat pengeluaran perusahaan. Daripada itu, Anda harus memastikan afiliasi untuk menghasilkan konten pemasaran yang sesuai dengan market anda. Setelah perusahaan merasa cocok bekerja dengan afiliasi serta membangun hubungan yang baik, maka mereka akan melanjutkan pemasaran layanan atau produk melalui afiliasi. 

2. Biaya pemasaran lanjutan yang rendah

Hal ini karena sebagian besar aktivitas pemasaran Anda dilakukan oleh afiliasi, mereka juga akan menanggung sebagian besar biaya yang telah dikeluarkan untuk aktivitas pemasaran. Affiliate marketing adalah program berbasis komisi, yang berarti Anda hanya akan membayar afiliasi dari penjualan yang mereka hasilkan. Model pemasaran ini memudahkan pengelolaan biaya arus kas Anda, tetapi pemasaran afiliasi memastikan bahwa Anda hanya mengeluarkan uang saat terjadi penjualan.

3. Risiko rendah

Hanya terdapat sedikit resiko kerugian karena pembayaran hanya dilakukan ketika ada konversi atau penjualan, sehingga cocok untuk bisnis dengan anggaran terbatas.

4. Traffic Bertarget

Melalui afiliasi, anda dapat mendapatkan traffic sesuai target anda. Hal ini didukung dengan anggota afiliasi yang memiliki pengaruh pada orang disekitarnya sehingga mampu mengajak orang lain datang ke situs anda lalu berbelanja.

5. Fleksibilitas

Anda dapat dengan mudah membuat program afiliasi Anda menjadi lebih kecil atau lebih besar dengan menggunakan sedikit biaya atau bahkan tanpa biaya. Cara ini juga menawarkan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda tanpa mengganggu keuangan perusahaan.

6. ROI (Return Of Investment) tinggi

Pemasaran afiliasi telah terbukti memiliki pengembalian investasi yang jauh lebih tinggi daripada sebagian besar strategi pemasaran. Salah satu alasan utama untuk ini adalah karena audiens target Anda akan mendengar produk atau layanan Anda dari afiliasi yang berada dalam lingkup pengaruh mereka. Singkatnya, Anda menyalurkan upaya pemasaran Anda melalui afiliasi yang memiliki akses dan pengaruh langsung terhadap audiens yang sangat potensial yang menerima penawaran produk atau jasa Anda. .

Tinggalkan Balasan