Mengenal Manpower Planning, Strategi Yang Sering Dipakai HR

Dua orang yang sedang membicarakan suatu proyek pekerjaan
Bagikan

Sobat Bizlab pernah mendengar kata manpower planning? Kata ini cukup dikenal di dunia kerja, Nah, kalau sobat Bizlab penasaran nggak sih apa itu manpower planning, prosesnya, dan keuntunganya? Simak artikel berikut ya.

Definisi Manpower Planning

Manpower planning adalah suatu rangkaian proses atau kegiatan yang dapat memperkirakan jumlah optimal orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, tugas atau tujuan dalam kurun waktu tertentu. Manpower planning ini mencakup jumlah personel, jenis keterampilan, waktu, dan lain-lain. Hal ini adalah sebuah proses yang tidak pernah berakhir untuk memastikan bahwa bisnis memiliki sumber daya yang dioptimalkan tersedia saat diperlukan atau disebut sebagai Perencanaan Sumber Daya Manusia.

Sebuah bisnis besar sering kali memiliki peluang dalam prosesnya. Peluang ini akhirnya dapat berubah menjadi suatu bisnis yang sebenarnya. Tentunya bisnis ini akan membutuhkan tenaga kerja untuk mulai mengerjakannya. Akan tetapi, sebuah bisnis pasti memiliki dilema tertentu, seperti; “bagaimana jika mereka mempekerjakan banyak orang untuk mengerjakan suatu proyek yang hampir biasanya tidak dimulai tepat waktu?”. “Apa yang akan dilakukan bisnis jika ada tambahan tenaga ?”, Nah, Pertanyaan-pertanyaan ini bisa diselesaikan dengan proses manpower planning.

Apa saja Proses Manpower Planning?

Divisi SDM di tiap perusahaan tentu harus selalu mengawasi sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Proses dan langkah-langkah untuk memiliki manpower planning adalah sebagai berikut:

1. Memahami tenaga kerja yang ada

Departemen SDM di perusahaan harus benar-benar memahami tenaga kerja yang tersedia di perusahaan mereka. Mmemeriksa latar belakang, keahlian, kualifikasi, lokasi dll adalah hal yang perlu dilakukan divisi SDM sehingga mereka memiliki gagasan mengenai kumpulan bakat yang dimiliki perusahaan.

2. Memiliki perkiraan untuk masa depan

Dalam sebuah perusahaan, perubahan konstan dalam bisnis kerap terjadi, perusahaan harus memahami perkiraan apa saja untuk masa depan dan karyawan mana yang paling cocok untuk organisasi mereka. Maka dari itu, perusahaan harus mengevaluasi, dan menganalisis kualifikasi tenaga kerja apa yang mereka inginkan di tahun-tahun mendatang

3. Rekrutmen dan seleksi

Manpower planning mengarah pada pola rekrutmen dan seleksi yang jauh lebih matang. Umumnya setiap perusahaan akan melaksanakan proses ini. Proses satu ini tergantung pada perkiraan yang dibuat dan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, kandidat dengan kualifikasi, keahlian, pengalaman yang lebih baik akan dipilih sebagai karyawan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

4. Pelatihan karyawan

Karyawan adalah tenaga kerja yang merupakan bagian dari organisasi yang telah dilatih untuk memiliki skill, pengetahuan dan pemahaman tentang yang merka geluti saat ini.

Nah, itu dia proses nya. Semua langkah manpower planning yang disebutkan di atas membantu perusahaan menjadi lebih siap beradaptasi dengan perkembangan industri dan menghadapi pesaing.

Keuntungan Manpower Planning

Pentingnya manpower planning telah diakui oleh negara-negara Barat. Di India sendiri, banyak perhatian tidak diberikan pada bagian perencanaan ini.

Jika manpower planning dipraktekkan secara benar, maka terdapa beberapa keuntungan yang akan di dapat, berikut keutungan yang dapat dicapai:

1. Dengan memiliki pengaturan perekrutan karyawan baru ataupun pelatihan. Dengan adanya program ini, perusahaan apa pun tidak akan berhenti karena kekurangan karyawan.

2. Dengan memberikan pelatihan dan motivasi kepada karyawan untuk mendapat posisi yang lebih tinggi, akan membuat mereka semakin bersemangat. Efek psikologis seperti ini sangat diinginkan di perusahaan untuk menjaga moral pekerja.

3. Saat menjalankan proses manpower planning, kekurangan personel organisasi perlu diperhatikan kembali. Program pelatihan dapat dilakukan bertujuan agar dapat menutupi kekurangan ini. Dengan cara inilah, karyawan yang ada sekarang akan lebih efisien.

4. Dalam beberapa masalah manufaktur, biaya tenaga kerja merupakan 25 sampai 40 persen dari total biaya produksi. Pada unit yang bergerak di bidang penyediaan jasa, rentan gaji berkisar antara 50 sampai 60 persen dari total pengeluaran. Untuk mengendalikan biaya ini secara efektif, manpower planning adalah suatu keharusan yang dapat dilakukan suatu perusahaan.

5. Manpower planning berfokus pada tidak adanya kelebihan atau kekurangan tenaga kerja di masa depan.

Jika terdapat kelebihan dalam tenaga kerja, maka berarti perusaan memiliki biaya tambahan. Perusahaan juga tidak berada dalam posisi untuk mengurangi pekerja karena serikat pekerja yang kuat. Dengan kata lain, kurangnya tenaga kerja berarti perusahaan akan mengalami penurunan output dan akibatnya jatuh dalam profitabilitas perusahaan. 

Nah itu dia ringkasan dari Bizlab tentang manpower planning. Bagaimana sudah paham? Kamu bisa mengimplementasikan hal ini di bisnis kamu.

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya!

Sumber:

  1. Mbaskool
  2. Management Study Guide

Materi dan cerita baru dari kami langsung dikirimkan ke WhatsApp

Tinggalkan Balasan