Yuk simak! 5 Tips agar Email Marketing Lebih Efektif!

Bagikan

Email marketing menjadi salah satu saluran pemasaran digital yang sangat potensial. Nah, menurut omnikick.com 72% orang lebih memilih untuk menerima konten promosi melalui email. Email marketing adalah penggunaan email untuk mempromosikan produk atau layanan sekaligus meningkatkan hubungan dengan pelanggan atau klien. Pada dasarnya email marketing adalah pengiriman surat langsung secara elektronik, bukan melalui layanan pos.

Rekomendasi Strategi Memproduksi Email Marketing

Selain untuk mempromosikan produk, email marketing dapat digunakan perusahaan untuk berbagi berita, atau berbagi cerita yang tentunya akan membuat bisnis anda dan pelanggan semakin terhubung. Nah, agar email marketing menjadi lebih efektif berikut terdapat beberapa rekomendasi strategi dari sendpulse dalam memproduksi email marketing. Yuk kita bahas!

  • Menentukan tujuan

Sebelum membuat dan mengirimkan email marketing, kita harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Beberapa tujuannya antara lain, untuk meningkatkan engagement pelanggan, meningkatkan ROI (Return Of Investment), meningkatkan loyalitas pelanggan dan tentunya menjaga hubungan dengan klien.

  • Menentukan target audience

Sebelum menentukan target audience, sebuah company harus memiliki list subscriber atau database pelanggan. Database ini dapat diperoleh dari situs website yang biasanya menampilkan formulir pendaftaran (sign up) atau berlangganan. Nah, setelah memiliki database pelanggan, kita perlu mengidentifikasi pelanggan manakah yang sesuai dengan produk atau jasa yang perusahaan anda tawarkan. Pelanggan telah mempercayakan alamat email mereka, jadi jangan menyalahgunakan data tersebut. 

  • Mengidentifikasi tipe email yang akan dikirimkan

Setelah menentukan dua langkah diatas, langkah selanjutnya yakni menentukan tipe email yang akan dikirimkan. Terdapat berbagai macam tipe email marketing, perbedaan tersebut berdasarkan pada perbedaan tujuan dari setiap tipe pemasaran. Misalnya, jika terdapat pelanggan baru yang bergabung maka anda perlu mengirimkan email selamat datang dan menjelaskan apa saja produk dan jasa yang terdapat pada perusahaan. 

  • Tentukan jadwal mengirim

Guna meyakinkan bahwa pelanggan membaca email marketing anda, perlu melakukan riset untuk mengetahui waktu terbaik mengirimnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan A/B Testing.

Langkah selanjutnya adalah menentukan ide mengenai isi email. Nah, ada 5 Tips email marketing nih buat Sobat Bizlab. 

5 Tips agar email marketing lebih efektif!

1. Newsletter

Menurut McKinsey newsletter 40 kali lebih efektif untuk memperoleh pelanggan baru daripada gabungan dari facebook dan twitter. Menggunakan email newsletter untuk menyusun konten berita berukuran kecil, seperti mengenai update bidang industri anda dan beberapa informasi yang mampu menambahkan nilai bagi pelanggan. Melalui ringkasan padat dan menautkan pada sumber terpercaya, anda telah memberikan informasi yang menarik dan relevan dengan pelanggan. 

Kebanyakan email yang wajib dibaca mempunyai struktur email yang bagus, bersih dan jelas. Newsletter yang memiliki headline, pengantar dan gambar yang menarik akan membuat pelanggan untuk mengklik dan membaca lebih lanjut. 
2. Integrasi dengan sosial media

Dewasa ini, sosial media menjadi salah satu saluran digital marketing yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan bisnis. Evanto.com memperkirakan terdapat Lebih dari 3,2 Miliar pengguna sosial media dan terus meningkat sejumlah 100 juta per hari, maka semakin banyak perusahaan yang mengintegrasikan sosial media mereka dengan email marketing. Baik itu menautkan pada sosial media Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn atau menampilkan postingan yang ingin pelanggan baca melalui saluran pemasaran sosial. Integrasi sosial media merupakan cara yang tetap relevan, tetap terhubung dan meningkatkan pengikut sosial media anda.

3. Testimoni dan Review

Menurut Spiegel Research Center, sebanyak 95% konsumen membaca ulasan online sebelum membeli barang, ulasan tersebut telah merubah kebiasaan membeli online konsumen. Jika anda ingin ulasan positif dapat dilihat semua orang, maka dalam newsletter harus mencantumkan bagian ulasan dan testimoni. Platform email seperti MailChimp dan StampReady, merancang untuk menampilkan semua ulasan terbaik dan juga menyertakan tautan terkait ke blog atau situs web Anda.

4. Brand Storytelling

Email menghadirkan peluang sempurna bagi bisnis untuk menunjukkan kepada audiens siapa mereka dan apa yang mereka tawarkan. Bagian yang sangat visual dari brand storytelling adalah menyertakan elemen animasi dan efek hover, sehingga pelanggan tertarik untuk mengikuti email brand storytelling perusahaan anda. 

5. Kemudahan Akses

Kemudahan akses ini bertujuan agar setiap orang yang menerima email marketing tidak hanya menerima saja namun juga memahami pesan yang ada. Perlu mempertimbangkan beberapa hal sederhana termasuk teks yang mudah dibaca dan gambar yang jelas, serta menggunakan jenis huruf, ukuran font, dan warna dengan baik sehingga mampu menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan